Ponsel Sering Lemot Ayo Gunakan 5 Cara Mengatasi HP Ngelag Berikut

Ponsel Sering Lemot Ayo Gunakan 5 Cara Mengatasi HP Ngelag Berikut

Handphone sudah menjadi kebutuhan paling wajib untuk dimiliki, karena barang tersebut mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan. Bahkan sebagian aktivitas dari manusia akan membutuhkan hp, misal seperti mengerjakan tugas, memesan makanan dan minuman, mengorder kendaraan, dan masih banyak lainnya. Namun bagi kamu yang sering menggunakan ponsel terlalu lama, sebaiknya pahami cara mengatasi hp ngelag.

Karena hal tersebut memang sudah umum terjadi dan tentunya akan sangat membuat sedih penggunanya. Biasanya hp akan mengalami ngelag saat kita sedang bermain game atau menjalankan suatu aplikasi. Sedangkan ngelag tidak hanya terjadi pada hp saja, tetapi juga di perangkat komputer atau laptop. Hal tersebut tentu tidak akan membuat nyaman penggunanya dan harus segera diatasi.

Berikut Kumpulan Cara Mengatasi HP Ngelag atau Macet Secara Mendadak

Ternyata hal tersebut dapat terjadi akibat spesifikasi yang kurang maksimal, sehingga tidak dapat menghasilkan performa seperti yang diharapkan. Selain itu masalah ngelag juga biasa terjadi di hp kelas low-end atau mid-range, sedangkan hp kelas high end atau flagship sangat jarang mengalaminya. Berikut cara mengatasi hp ngelag atau macet yang wajib diketahui.

1. Rajin Membersihkan Cache Android

Ketika kamu merasa hp sering mengalami ngelag tiba-tiba, maka bisa melakukan pembersihan cache android. Karena memang cara tersebut cukup efektif dan mampu membuat performa hp jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, untuk melakukan pembersihkan tersebut sangatlah mudah, sebab kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih atau secara manual. Berikutnya jangan lupa untuk melakukan penghapusan history pencarian di browser, sebab jika menumpuk maka dapat menyebabkan hp sering ngelag.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Beberapa game atau aplikasi yang jarang digunakan memang menjadi penyebab awal hp sering ngelag. Oleh karena itu, kamu dapat menguninstal aplikasi atau game tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kapasitas penyimpanan yang lega, sehingga hp tidak akan mudah mengalami ngelag. Selain itu, hindari untuk instal banyak aplikasi atau game, sebab hal tersebut dapat berdampak ke performa hp.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi HP Panas yang Ampuh, Tidak Sulit!

3. Kosongkan Penyimpanan Internal di HP

Saat kamu merasa hp mudah ngelag ketika sedang digunakan, maka sebaiknya kosongkan penyimpanan internal. Bahkan jangan sampai mendapat notifikasi “Memori Penyimpanan Hampir habis”, sebab hal tersebut sudah pasti akan membuat hp mudah ngelag.

Selain itu, kamu bisa menyisakan setidaknya 20% ruang penyimpanan kosong, sehingga kinerja hp akan tetap aman dan stabil. Berikutnya, cara mengatasi hp ngelag dapat dengan membersihkan file yang tidak penting, misal seperti kiriman WhatsApp atau unduhan video.

4. Silahkan Gunakan Wallpaper Default

Ketika kamu menginstal sebuah tema atau launcher di Android, biasanya hal tersebut dapat menyebabkan hp mudah ngelag ketika sedang digunakan. Karena pada dasarnya tema atau wallpaper yang menggunakan animasi, akan jauh lebih membutuhkan banyak RAM. Sedangkan jika kamu terlalu banyak menggunakan RAM, sudah pasti kinerja hp akan mudah ngelag atau bahkan lemot.

Namun untuk kamu yang mempunyai kapasitas penyimpanan sekitar 4GB mungkin tidak masalah dengan hal ini. Tetapi bagi pengguna hp dengan kapasitas di bawah tersebut sebaiknya jangan memasang tema atau launcher tambahan.

5. Scan dengan Menggunakan Antivirus

Selanjutnya untuk membuat hp dapat kembali kerja dengan optimal, maka kamu bisa melakukan scan antivirus. Hal tersebut sangat penting untuk kamu lakukan, karena siapa tahu terdapat banyak virus yang tersimpan di perangkat hp. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi keamanan, supaya ponsel tidak mudah terkena atau kemasukan virus.

Dengan beberapa cara mengatasi hp ngelag di atas, semoga dapat kamu terapkan mulai sekarang ,supaya performa ponsel tetap stabil dan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *