Cara Mengatasi HP Panas yang Ampuh, Tidak Sulit

Cara Mengatasi HP Panas yang Ampuh, Tidak Sulit!

Cara mengatasi hp panas tidak sulit untuk Anda coba. Menggunakan handphone (HP) untuk  segala kondisi akan terasa mengasyikkan. Anda bisa menggunakannya kapan saja dan di mana saja, apalagi ukurannya yang tidak terlalu besar. Namun, perlu untuk waspada saat suhu ponsel menjadi panas.

Smartphone yang panas bisa menimbulkan berbagai macam kerugian hingga mengalami kerusakan. Biasanya hal ini terjadi akibat kinerja perangkat berjalan berlebihan dan kondisi baterai bermasalah. Jika Anda mengalami masalah ini, maka perlu tahu cara mengatasinya.

Begini Cara Mengatasi HP Panas yang Ampuh Dicoba

Kondisi panas pada smartphone bisa membuatnya cepat rusak. Apalagi saat kondisi panas, namun tetap memaksakan penggunaan hp tersebut. Jika hp terasa panas setelah pemakaian berjam-jam masih dianggap wajar. Namun saat hp cepat panas padahal baru digunakan sebentar, maka perlu diwaspadai. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasinya.

Cek Pengaturan dan Penggunaan WiFi

Salah satu penyebab HP cepat panas yakni pada pengaturan yang kurang optimal dan penggunaan WiFi. Penggunaan WiFi secara terus menerus juga bisa menyebabkan HP cepat panas. Sebab, saat WiFi aktif maka secara otomatis aplikasi background juga akan berjalan. Hal ini yang akan menjadikan ponsel bekerja lebih keras.

Untuk mengatur WiFi, Anda bisa menggunakan aplikasi Smart Wifi atau Wifi Sleeper. Dengan cara ini, akan lebih mudah mengontrol waktu menyalakan WiFi dan WiFi harus dimatikan saat tidak menggunakannya. Aplikasi ini bisa memberikan solusi untuk mengatasi handphone overheating akibat penggunaan WiFi.

Gunakan Charger Asli

Cara mengatasi hp panas berikutnya bisa Anda coba menggunakan charger asli. Charger dengan harga miring memang menggiurkan karena tak perlu menghabiskan banyak biaya. Namun, Anda perlu waspada, charger ini tidak jelas produksinya dan juga tidak asli. Jika menggunakan charger yang tidak asli, maka kondisi baterai hp Anda akan terancam dan akan cepat panas. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan charger yang asli.

BACA JUGA:  Begini Tips Membersihkan Laptop dengan Mudah dan Anti Repot

Kurangi Multi-tasking

Spesifikasi smartphone yang semakin canggih seringkali menawarkan performa yang multi-tasking. Meski demikian Anda tetap harus menjaga suhu smartphone saat melakukan banyak pekerjaan bersamaan. Banyaknya aplikasi aktif secara bersamaan dan ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentunya akan membuat hp cepat panas. Salah satu aplikasi terbaik untuk mengurangi multi tasking, yakni Hibernator. Aplikasi ini terbukti ampuh untuk mengatasi hp cepat panas.

Matikan GPS dan Bluetooth

Fitur GPS dan Bluetooth termasuk yang jarang diperhatikan. Beberapa pengguna smartphone membiarkan bluetooth dan GPS dalam kondisi menyala, padahal sedang tidak menggunakannya. Kedua fitur tersebut bisa membuat HP cepat panas. Cara mengatasi hp panas bisa Anda lakukan dengan mematikan GPS dan Bluetooth saat tidak membutuhkannya.

Cek Kondisi Baterai HP Secara Berkala

Kondisi hp panas ini biasa terjadi pada HP yang sudah lama digunakan. Penyebabnya yakni kondisi baterai yang sudah tidak dalam kondisi prima. Untuk mengatasi masalah ini, akan lebih baik ganti baterai dengan yang baru. Anda bisa mengecek kondisi baterai apakah masih bagus atau tidak terlebih dahulu. Untuk itu, bisa mencoba menggunakan aplikasi CurrentWidget: Battery Monitor.

Diamkan HP Beberapa Saat

Saat merasakan suhu HP mulai panas, sebaiknya Anda perlu untuk mendiamkan perangkat beberapa saat hingga dingin. Usahakan tidak menyimpan handphone panas di atas bantal, kasur, dan di bawah sinar matahari. Hal ini justru akan membuatnya semakin panas.

Jika mengalami masalah hp panas, cara mengatasi hp panas bisa Anda ikuti. Sehingga, bisa melakukan aktivitas sehari-hari menggunakan smartphone dengan tenang dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *