Kenali 6 Contoh Investasi Jangka Panjang Paling Mudah Berikut Ini!

Kenali 6 Contoh Investasi Jangka Panjang Paling Mudah Berikut Ini!

Contoh investasi jangka panjang memiliki bentuk yang beragam sesuai yang diinginkan. Namun sebelum mengenal contoh-contohnya, akan lebih baik kamu mengetahui arti dari investasi jangka panjang itu sendiri. Untuk itu simak penjelasannya berikut ini.

Contoh Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang didefinisikan sebagai penanaman modal/uang yang dilakukan pada suatu perusahaan maupun proyek. Tentunya investasi tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan dijalankan secara terus menerus dan baru dapat dicairkan setelah jatuh tempo minimal 1 tahun. Biasanya hal tersebut bertujuan untuk meraih keuntungan di masa yang akan datang.

Sebagian orang juga menganggap investasi tersebut sebagai tabungan masa depan. Jenis investasi sendiri memiliki beberapa macam sesuai yang diinginkan. Maka dari itu untuk, simak contoh-contoh investasinya di bawah ini.

  1. Investasi Saham

Investasi berupa saham ini menjadi bukti bahwa seseorang membantu pendanaan dalam sebuah perusahaan. Dengan memiliki saham, tentunya akan mendapatkan potensi untuk memperoleh keuntungan melalui kenaikan harga saham serta dividen. Saat ini investasi tersebut dapat dilakukan oleh semua kalangan, sehingga bukan hanya untuk seseorang yang memiliki jumlah dana yang besar.

Semakin besar saham yang disumbangkan, maka semakin tinggi pula kontribusi yang dapat diberikan ketika dalam proses pengambilan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

  1. Investasi Logam Mulia Atau Emas

Logam mulia emas juga dapat dijadikan sebagai bentuk investasi yang memberikan keuntungan. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan pada setiap tahunnya emas selalu mengalami kenaikan harga. Maka dari itu, alhasil menjadi salah satu jenis investasi dalam jangka panjang yang paling banyak digunakan oleh banyak orang. Emas juga dapat menjadi pilihan untuk para pemula yang menginginkan belajar berinvestasi.

  1. Investasi Deposito

Contoh investasi jangka panjang yang paling sering digunakan berikutnya yaitu berupa deposito. Deposito sendiri merupakan instrumen investasi yang mewajibkan setiap orang yang melakukan investasi untuk memasukkan sejumlah dana pada perbankan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

BACA JUGA:  Wajib Diperhatikan! Beginilah Cara Investasi untuk Pemula yang Tepat

Keuntungan yang dapat diperoleh melalui investasi jenis ini lebih besar daripada hanya menggunakan tabungan biasa dengan suku bunga yang lebih tinggi. Selain itu, deposito juga lebih aman daripada tabungan biasa. Untuk penarikannya hanya dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sesuai yang telah disepakati oleh pihak bank. Apabila kamu menariknya tidak sesuai jatuh tempo, maka akan dikenakan penalti.

  1. Investasi Reksa Dana

Reksa Dana menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan juga untuk dilakukan. Investasi tersebut berupa surat berharga yang sudah menjadi bukti klaim atau aset para pemiliknya.

Kelebihan dari investasi reksa dana dalam jangka panjang yaitu memiliki banyak pilihan, seperti saham, pasar uang, obligasi yang dapat disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Selain itu, investasi reksa dana juga sangat aman karena dana untuk nasabah akan dikelola pada rekening yang berbeda, sehingga manajer investasi tidak bisa mengaksesnya dengan bebas tanpa izin dari bank kustodian.

  1. Investasi Properti

Properti yang kamu miliki seperti, tanah, rumah, atau bangunan lainnya juga termasuk contoh investasi jangka panjang yang bisa digunakan. Setiap tahun harga pada properti tersebut akan terus meningkat yang dapat terlihat secara signifikan dalam 10 tahun terakhir. Sehingga keuntungan yang akan diperoleh dalam investasi jangka panjang ini cukup besar. Namun untuk berinvestasi berupa properti ini, kamu perlu mempunyai modal yang cukup tinggi.

  1. Investasi Obligasi

Investasi obligasi ini merupakan contoh investasi dalam jangka panjang yang dapat memperoleh keuntungan berupa bunga yang didapat. Investasi tersebut berupa surat utang yang diberikan oleh surat utang yang diserahkan peminjam kepada pemberi pinjaman sesuai dengan tempo waktu pada peminjaman dan bunganya. bagi para pengusaha obligasi merupakan pilihan yang tepat untuk memperoleh dana untuk meningkatkan bisnisnya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan!

Demikian informasi mengenai 6 contoh investasi jangka panjang yang paling mudah untuk dilakukan secara paling umum digunakan oleh banyak orang. Apabila ingin mencoba menjalankan investasi jangka panjang seperti contoh di atas, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu tentang risiko apa yang akan didapat nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *