Jenis Jenis Investasi yang Ada di Indonesia dan Sedang Populer

Jenis Jenis Investasi yang Ada di Indonesia dan Sedang Populer!

Ada banyak jenis investasi yang ada. Di Indonesia tingkat minat masyarakat terhadap investasi masih terbilang rendah. Namun, kini investasi dapat dijangkau oleh masyarakat yang memiliki penghasilan menengah kebawah.

Hal ini juga dikarenakan pendidikan finansial yang terus digalakkan dan merata dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. Lalu, apa sajakah jenis jenis investasi yang ada di Indonesia?

Jenis Jenis Investasi yang Ada di Indonesia dan Sedang Populer

Jumlah investasi yang ada di Indonesia semakin tahun semakin berkembang dengan cukup baik. Sekarang ini sudah banyak kemudahan dalam melakukan investasi jadi semakin banyak juga orang yang sudah memulai investasi.

Deskripsi Singkat

Apa itu investasi? Investasi ini kegiatan untuk menempatkan modal dapat berupa uang atau harta berharga lainnya ke dalam suatu lembaga, benda, atau bahkan pihak. Dengan hal ini diharapkan agar investor dapat memperoleh keuntungan setelah atau dalam jangka waktu tertentu.

Investasi ini juga bisa disebut sebagai penanaman modal, karena memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi ini dibagi menjadi dua, diantaranya:

  1. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka pendek ini bisa dimulai dengan modal yang kecil, bisa dimulai dari ratusan ribu rupiah. Meskipun bisa dimulai dengan modal yang kecil, investor harus tetap memperhatikan pergerakan saham karena tetap memiliki risiko. Investasi yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang mencari dana tambahan seperti persiapan pernikahan, tambahan anggaran untuk beli rumah, dan kebutuhan lainnya.

  1. Investasi Jangka Panjang

Tujuan dari dilakukannya investasi jangka panjang ini untuk memperoleh dana di masa yang akan datang untuk memenuhi kebutuhan yang sudah direncanakan atau darurat. Misalnya seperti biaya perawatan kesehatan, pendidikan anak, pernikahan, biaya haji atau umrah, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Rekomendasi Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan!

Dari investasi jangka panjang ini tujuan lainnya untuk mendapatkan pendapatan pasif secara berkala seperti bunga sewa, bunga, dan dividen. Investor pada biasanya mulai dari modal besar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk investasi ini juga bisa dilakukan dengan modal kecil, namun keuntungannya tidak bisa maksimal.

Jenis Jenis Investasi

Beberapa jenis investasi yang sedang populer akhir-akhir ini, seperti:

  1. Deposito

Deposito ini menjadi salah satu jenis investasi yang memiliki peminat banyak karena cara investasinya terbilang mudah dan tidak ribet. Keuntungan investasi yang satu ini adalah tingkat pengembalian yang tetap dan juga bunga yang dijanjikan lebih pasti. Namun, Anda tidak bisa menarik uang jika belum mencapai waktu yang telah disetujui sebelumnya.

  1. Saham

Saham kini menjadi jenis investasi yang banyak diminati masyarakat. Anda membeli saham ini di bursa efek kemudian akan mendapatkan persentase kepemilikan yang telah dibeli. Semakin besar persentase yang dimiliki, semakin besar juga keuntungan dan kekuataan. Dengan memilih investasi yang satu ini anda akan mendapatkan keuntungan dari capital gain dan dividen.

Keuntungan dari investasi saham ini tidak menentu berbeda dengan deposito yang keuntungannya tetap. Namun bisa juga adakan mendapatkan keuntungan yang besar jika tempat yang diinvestasikan sedang mengalami perkembangan.

  1. Obligasi

Jenis investasi yang satu ini hampir mirip dengan saham. Hal yang membedakan keduanya adalah keuntungan yang didapatkan dari obligasi akan lebih dinamis dan jumlah uang yang didapatkan akan cenderung lebih pasti. Anda bisa membeli obligasi yang sudah diterbitkan oleh pemerintah. Karena memiliki risiko gagal bayar yang lebih rendah jika dibandingkan dengan obligasi perusahaan atau korporasi.

  1. Reksa Dana

Jenis investasi yang juga populer di Indonesia ini adalah reksa dana. Di mana dana dari investasi ini dikumpulkan dari beberapa investor dan kemudian digabungkan untuk selanjutnya diinvestasikan di berbagai pasar modal. Ada 5 jenis di reksa dana, yaitu reksa dana saham, reksa dana saham, pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan indeks.

BACA JUGA:  Manfaat Investasi Emas yang Memiliki Banyak Keuntungan!

Itulah tadi jenis jenis investasi yang sedang populer di Indonesia. Semoga penjelasan ini bisa membantu Anda memahami apa itu investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *